9 Cara Membuat Video Animasi Belajar Yang Paling Mudah Dengan Hasil Yang Menarik

9 Cara Membuat Video Animasi Belajar Yang Paling Mudah Dengan Hasil Yang Menarik

Cara membaut video animasi belajar sangat mudah dilakukan, apalagi anda yang telah memiliki bantuan dari beberapa aplikasi atau mungkin sebuah website dan lain sebagainya. Namun, akan menjadi sulit jika anda adalah orang awam. Tapi tenang untuk masalah ini, karena saat ini kami akan menjelaskan tentang cara-cara terbaik dan termudah dalam pembuatan sebuah video animasi belajar.

Nah, bagi anda yang ingin melihat tentang cara-caranya, maka anda dapat menyimak pembahasan yang sudah kami sediakan untuk anda seperti berikut ini.

  1. Cara membuat video animasi belajar bisa dilakukan oleh anda dengan cara yang mudah, dimana anda dapat mengunjungi situs web https://www.powtoon.com, lalu anda dapat mengklik “Sign Up” apabila anda tidak memiliki akun. Akan menjadi lebih baik anda menggunakan akun Google dalam pendaftaran akun Powtoon.
  2. Pada langkah selanjutnya, anda dapat memilih bentuk animasi yang sudah disediakan oleh Powtoon. Jika anda masih pemula, anda dapat memilih pilihan ketiga melalui beragam template yang sudah disediakannya. Dimana anda hanya mengedit template tersebut hingga menjadi sesuai dengan anda. Di Powtoon ada dua versi, yakni berbayar dan gratis. Untuk berbayar anda akan menemukan template, animasi berserta dengan karakternya yang bersifat “Pro”. Tetapi, jangan khawatir dengan yang gratisnya, karena template yang disediakannya sudah cukup menarik.
  3. Langkah yang berikutnya adalah anda dapat memilih kategori template yang ditawarkan oleh mereka. Disini kami memilih template dengan kategori  Perkenalan yang pertama ketika mengajar dengan Teacher Introduction template. Lalu anda dapat mengklik “Use” dalam pengeditan template tersebut, dan tap “Preview” agar anda bisa melihat animasi yang telah dihasilkan. Disini kami langsung memilih “Use” sehingga langsung menggunakannya.
  4. Editlah slide-slide dari video di template yang diinginkan oleh anda.
  5. Jika sudah selesai, anda dapat menekan “Eksport” sehingga bisa mengploud atau mendownload dan membagikan hasil pembuatan video animasi tersebut.
  6. Akan ada tersedia 4 pilihan apabila anda sudah mengklik “Eksport-Publish-Upload-Download-Share”. Bagi anda yang menggunakan versi berbayarnya, maka anda dapat mendownload hasilnya dengan melalui sebuah format MP4. Akan tetapi, jika anda menggunakan layanan gratisan, caranya anda dapat menguploud terlebih dahulu ke akun chanel YouTube anda. Lalu anda dapat mengunduhnya di YouTube, untuk cara pengunduhan video melalui YouTube bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa cara-cara yang tersedia di opa Google.
  7. Cara membuat video animasi belajar yang selanjutnya adalah menguploud ke YouTube dengan melalui akun Google anda. Anda dapat memilih “Uploud To”, dan kemudian tentukanlah akun Google yang ingin digunakan oleh anda, lalu pilih “Next”. Dihalaman Details, anda dapat mengisikan deskripsi serta kategori video dan kemudian tekan “Next”.
  8. Selanjutnya adalah anda akan menemukan halaman Quality, jadi pilihlah resolusi yang sesuai dengan anda. Namun untuk versi yang gratis hanya tersedia standard quality. Apabila sudah anda dapat mengklik “Uploud”.
  9. Tunggulah prosesnya hingga selesai.