Apa yang Dimaksud dengan Logo : Definisi dan Sejarah

Apa yang Dimaksud dengan Logo : Definisi dan Sejarah

Apa yang dimaksud dengan logo? Pertanyaan sederhana yang membutuhkan jawaban panjang. Mendefinisikan logo bukanlah perkara mudah, mengingat penggunaannya yang kian luas. Batasan-batasan fungsi kian kabur untuk menentukan apakah sebuah gambar dapat dikategorikan sebagai logo atau bukan.

Namun bukan berarti pendefinisian logo adalah hal yang mustahil. Itulah yang ingin kita capai di artikel ini. Tentunya dengan mengulas ulang sejarah logo dari fase-fase paling awal hingga periode logo desain grafis modern yang kita alami sekarang. Tujuannya agar kita benar-benar memahami apa itu logo beserta aspek-aspeknya.

 

Apa yang Dimaksud dengan Logo?

  • Definisi

Penjelasan sederhana dari pertanyaan ‘apa yang dimaksud dengan logo?’: Logo adalah tanda, gambar, simbol, emblem, atau teks yang berfungsi sebagai identitas suatu organisasi atau produk. Terlepas dari elemen grafis yang digunakan, selama gambar tersebut berfungsi sebagai pengenal utama, dapat dikategorikan sebagai logo.

Organisasi yang dimaksud pun tidak memiliki batasan. Bisa berupa organisasi bisnis (perusahaan), maupun organisasi non-bisnis seperti hobi dan kemanusiaan. Selama organisasi tersebut menggunakan gambar sebagai salah satu pengenalnya, maka gambar tersebut bisa dikatakan sebagai logo. Hal yang sama juga berlaku untuk logo produk.

Sekarang kita sudah menjawab pertanyaan dasarnya: apa yang dimaksud dengan logo? Definisi tidak akan cukup memuaskan tanpa mengetahui sejarah perkembangan logo yang kami uraikan di bawah ini.

 

  • Sejarah

Tidak ada yang tahu secara pasti kapan tepatnya logo mulai diperkenalkan. Logo sudah lama digunakan untuk menandai perkumpulan dan produk, khususnya dalam sektor perdagangan. Simbol-simbol sederhana dan huruf yang dipercantik digunakan untuk menandai banyak hal. Tidak ada penanggalan spesifik tentang fase paling awal dari sejarah logo.

Catatan sejarah yang paling awal berasal dari tahun 1266. Di bawah pemerintahan Henry III, parlemen Inggris mengeluarkan kebijakan bahwa semua pembuat roti harus memberi tanda khusus untuk setiap produk roti yang mereka jual. Jadi, jika Anda bertanya apa yang dimaksud dengan logo, pada saat itu orang akan menjawab bahwa logo adalah penanda produk roti.

Banyak ahli percaya bahwa itulah awal mula penggunaan logo. Di abad ke-19, tercatat ada beberapa logo legendaris yang tetap populer sampai sekarang. Logo Jack Daniels misalnya, dibuat dan mulai digunakan pada tahun 1875. Satu tahun kemudian, tepatnya pada 1876, logo Brass Brewery’s mulai diperkenalkan. Sejak saat itu, logo-logo baru terus bermunculan dan terus berkembang sampai sekarang.

 

Kesimpulan dari ‘Apa yang Dimaksud dengan Logo?’

Setelah menguraikan definisi dan sejarah logo, kita dapat menarik kesimpulan bahwa logo adalah gambar yang mewakili organisasi atau produk. Fungsi itulah yang menjadi tujuan awal dibuatnya logo dan tetap dipertahankan sampai sekarang. Penggunaan dan cakupannya saja yang semakin luas, fungsinya tetap sama.

Setidaknya, itulah jawaban terbaik yang bisa kita capai untuk saat ini. Mungkin, beberapa tahun mendatang, kita harus mengkaji ulang definisi dari pertanyaan yang sama: apa yang dimaksud dengan logo?