Bagaimana Cara Membuat Logo? Tutorial Praktis untuk Pemula

Bagaimana Cara Membuat Logo? Tutorial Praktis untuk Pemula

Bagaimana cara membuat logo yang baik dan benar? Pertanyaan ini memang sangat singkat, tapi menuntut penjelasan panjang lebar. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat desain logo. Meskipun hanya berwujud sebuah gambar sederhana, proses pembuatan logo bisa memakan banyak waktu dan usaha, serta melibatkan banyak pihak. Lain ceritanya jika Anda menggunakan jasa pembuatan logo.

Ini karena logo menggabungkan banyak bidang keahlian. Setidaknya, perlu ada kolaborasi antara manajemen, desainer, dan bagian pemasaran. Walaupun sederhana, sebuah logo memiliki banyak fungsi sekaligus. Kombinasi antar disiplin ilmu menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Membuat logo yang baik pun perlu melalui banyak proses, beberapa di antaranya bisa Anda baca di bawah ini.

 

Bagaimana Cara Membuat Logo?

  • Pahami Karakter Organisasi

Logo adalah identitas yang mewakili profil organisasi. Jadi, jika Anda bertanya bagaimana cara membuat logo, maka langkah pertamanya adalah memahami karakter organisasi terlebih dahulu. Setiap organisasi pasti mempunyai bidang operasi, visi-misi, dan karakter yang berbeda-beda. Inilah yang pertama kali perlu Anda pelajari.

Karakter organisasi kemudian dituangkan ke dalam logo dengan berbagai macam teknik simbolisasi. Setiap unsur dalam logo harus merepresentasikan karakter organisasi. Mulai dari warna, jenis huruf, hingga bentuk-bentuk objek yang ada di dalamnya, tidak ada yang dibuat tanpa memikirkan makna. Bahkan, sudut tajam atau lengkung pun memiliki makna dan efek psikologis yang berbeda.

 

  • Buat Konsep yang Sesuai

Setelah memahami karakter organisasi, Anda mungkin bertanya, bagaimana cara membuat logo yang selanjutnya? Kini kita tiba pada pembahasan konsep. Biasanya, desainer menggunakan kertas dan pensil untuk merancang konsep desain. Anda juga bisa menggunakan komputer jika itu membuat Anda merasa lebih nyaman.

Buatlah konsep atau gambaran awal tentang desain yang akan Anda buat. Pertimbangkan karakter organisasi yang Anda lakukan di langkah pertama tadi. Pikirkan segalanya dengan matang. Ingat, tidak ada satut bagian pun dalam logo yang dibuat begitu saja tanpa mempertimbangkan makna dan efeknya. Kembangkan beberapa konsep sekaligus sebelum melanjutkan ke tahap pembuatan desain logo.

 

  • Uji Kualitas Logo

Proses pembuatan desain logo bisa dilakukan dengan software desain grafis favorit Anda. Kami merasa perlu memberikan penekanan pada tahap pasca desain. Setelah logo Anda selesai dibuat, Anda mungkin masih bingung tentang bagaimana cara membuat logo yang efektif. Apakah logo Anda sudah sesuai dengan kriteria ideal sebuah logo?

Cara terbaik untuk memastikannya adalah dengan melakukan pengujian. Tunjukkan logo Anda pada rekan kerja atau teman-teman Anda. Mintalah penilaian dari mereka. Bila perlu, Anda juga bisa melakukan survey dengan melibatkan masyarakat secara langsung. Ini bertujuan untuk menguji kualitas logo Anda sebelum mempublikasikannya sebagai identitas resmi organisasi.

 

Bagaimana Cara Membuat Logo yang Sesuai dengan Organisasi Anda?

Seperti yang sudah kita bahas di atas, setiap organisasi mempunyai karakter yang berbeda-beda. Logo yang dibuat pun harus menyesuaikan dengan karakter organisasi tersebut. Ini merupakan tantangan tersendiri mengingat betapa banyaknya jenis dan konsep logo untuk berbagai macam tipe organisasi. Jadi, sebelum mengambil kesimpulan tentang bagaimana cara membuat logo, kami sarankan untuk berdiskusi dengan tim Anda agar mendapatkan hasil desain terbaik.