Berapa Gaji Desain Interior di Indonesia?

Berapa Gaji Desain Interior di Indonesia?

Desainer interior sekarang semakin banyak dicari. Salah satu alasannya adalah karena sudah banyak orang yang paham dan tahu seberapa menguntungkannya suatu bangunan dengan interior yang menarik. Namun, seberapa besar gaji desain interior tersebut?

Besar Gaji

Gaji seorang desainer interior berkisar antara Rp3,5 juta hingga Rp6 juta. Namun, besar gaji ini tergantung juga dari keahlian, tempat bekerja, tingkat kesulitan pekerjaan, pangkat atau posisi di perusahaan serta sistem bekerja. Misalnya apakah desainer interior tersebut bekerja secara independen, freelance atau bekerja di perusahaan.

Fakta Desainer Interior

Selain gaji desain interior, jika Anda hendak bekerja di bidang desain tata ruang, simak faktanya berikut ini:

  • Bukan Hanya Area Kerja Perempuan

Sama halnya seperti arsitek yang bukan menjadi area kerja laki-laki, tidak semua desainer interior adalah perempuan. Banyak juga seorang desainer interior pria. Bahkan, saat ini sudah banyak yang menggunakan jasa desainer interior laki-laki terutama untuk konsep ruangan yang maskulin, seperti industrialis modern.

  • Tarif Bisa Fleksibel

Banyak yang beranggapan bahwa tarif untuk menggunakan jasa desainer interior tidak bisa dirubah. Padahal, tarif penggunaan jasa desain interior terbaik sekalipun bisa ditawar. Namun, harus tetap dengan ketentuan yang berlaku.

Berapa Gaji Desain Interior di Indonesia?
Berapa Gaji Desain Interior di Indonesia?

Misalnya, dari perusahaan tersebut menawarkan harga sebesar Rp 10 juta. Sedangkan yang ruangan harus didesain ulang tidak besar. Maka dari itu, Anda tetap bisa menawar harga Rp10 juta sesuai dengan kondisi dan ketentuan yang berlaku.

Hal terpenting jika Anda ingin menawar harga dari penyedia jasa adalah Anda harus membicarakan dengan pihak penyedia jasa. Apakah penyedia jasa tersebut berkenan atau tidak. jika berkenan, sepakati harga tersebut agar tidak ada kesalahpahaman untuk kedepannya.

  • Tidak Dilakukan Asal-Asalan

Walaupun desain identic dengan rasa seni, namun, mengaplikasikan ilmu desain interior tidak bisa dilakukan asal-asalan. Anda tetap harus mempertimbangkan informasi tertentu. Misalnya keinginan klien, besar ruangan, keamanan dan kenyamanan hingga pemilihan warna yang tepat untuk ruangan tersebut.

Jika salah menata ruang, bukan hanya mengganggu kenyamanan namun juga keamanan orang yang ada di ruangan tersebut. Jadi, seorang desainer interior harus memiliki pertimbangan sebelum menata suatu ruang untuk meningkatkan estetika.

  • Sketsa Digital

Untuk membuat suatu desain tata ruang, Anda tidak hanya bisa membuat suatu sketsa secara manual namun juga secara digital dengan komputer. Keunggulan dari sketsa digital ini adalah Anda bisa melakukan perubahan dengan mudah dan membaginya dengan klien dengan lebih mudah.

Namun, jika Anda hendak membuat sketsa secara digital, Anda harus memiliki skil untuk menggunakan program sketsa tersebut. dengan begitu, proses pembuatan sketsa juga akan lebih cepat.

Jadi, gaji desain interior di Indonesia berkisar antara Rp 3.5-6 jutaan rupiah. Dengan besar gaji tersebut, apakah Anda juga berminat menjadi seorang desainer interior di Indonesia?