Cara Membuat Kemasan Kopi Excelso Standing Pouch

Cara Membuat Kemasan Kopi Excelso Standing Pouch

Kopi Excelso termasuk sebagai salah satu kopi yang digemari saat ini. Dengan kemasan standing pouch membuat Anda lebih mudah saat menyimpannya dan tidak mudah tumpah. Kemasan jenis ini juga bisa digunakan untuk snack sehingga banyak yang mencari cara membuat kemasan kopi Excelso.

Cara Membuat Kemasan Kopi Excelso Standing Pouch
Cara Membuat Kemasan Kopi Excelso Standing Pouch

Jika Anda termasuk sebagai salah satu orang yang mencari cara membuat kemasan kopi Excelso, simak penjelasannya berikut ini ya.

Ketahui Kebutuhan

Sebelum membuat, Anda harus tahu terlebih dahulu kebutuhannya. Misalnya berapa banyak kopi atau produk yang akan Anda simpan di kemasan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa tahu ukuran yang tepat untuk kemasannya.

Buat Desain

Buat desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa juga menggunakan jasa desain packaging untuk produk Anda agar bisnis berjalan semakin lancar.

Pastikan jika desain tersebut mampu memuat informasi lengkap seputar produk. Misalnya nama produk, tanggal kadaluarsa, pihak yang memproduksi, berat, izin pangan dan cara seduhnya. Setelah itu, Anda bisa mencetaknya dengan menggunakan stiker bontax.

Stiker bontax memiliki 2 jenis yaitu doff dan glossy yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Stiker bontax atau bontaks itu sendiri merupakan sejenis stiker HVS dengan kekuatan rekat yang lebih bagus. Karena hal tersebutlah jenis stiker ini digunakan unyuk label indutri seperti kemasan.

Membuat Kemasan

Ada 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat kemasan kopi seperti Excelso. Pertama adalah Anda membeli standing pouch sendiri dan kemudian menempelkan stiker bontax yang sudah Anda cetak sebelumnya.  Kedua, membuatnya sendiri dari awal.

Jika Anda membuat sendiri dari awal, Anda butuh plastik metalize dan plastik laminasi glossy atau doff sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga butuh penggaris, gunting atau cutter. Setelah itu lakukan cara berikut:

  1. Laminasi stiker bontax yang akan Anda buat. Dengan begitu, stiker tidak akan mudah rusak walaupun terkena dengan air. Jika Anda merasa tidak perlu, Anda bisa skip saja.
  2. Potong stiker laminasi dengan menggunakan gunting.
  3. Rekatkan stiker bontax ke plastik metalize. Pastikan Anda menempelkannya di bagian yang tepat ya agar merekat dengan baik.
  4. Gunting dan rapikan plastik metalize sesuai dengan besar stiker bontax.
  5. Potong plastik metalize untuk bagian bawah standing pouch. Ukurannya yaitu lebar kemasan dikurangi 2 cm.
  6. Kemudian lakukan sealer dengan menggunakan mesin pack sealer. Pastikan bagian bottom berada di tengah-tengah lebar kemasan ya. Lakukan pada sisi yang satunya sehingga bagian bawah terpasang.
  7. Sealer juga di bagian samping pouch. Pastikan sealer sudah rapi dan kuat sehingga mampu digunakan untuk menjaga kualitas produk makanan yang tersimpan.

Dengan cara membuat kemasan kopi excelso tersebut, Anda bisa memiliki standing pouch sendiri dan menggunakannya untuk bisnis. Selamat mencoba dan semoga cara ini bermanfaat untuk Anda.