Hindari Hal-Hal Ini Ketika Membuat Logo Desain Grafis

Hindari Hal-Hal Ini Ketika Membuat Logo Desain Grafis

Dalam membuat logo, bukan hanya diperlukan ide yang hebat tapi juga keterampilan dan berbagai aspek. Keterampilan tersebut meliputi seberapa mahir kamu mengoperasikan software, aplikasi, atau perangkat digital yang digunakan, juga meliputi keterampilan untuk memadukan warna, estetika, memahami nilai dalam simbol, dan seberapa kuat logo tersebut akan menarik perhatian orang banyak. Tidak heran jika membuat logo desain grafis biasanya tidak bisa dilakukan sendiri sehingga harus diserahkan kepada jasa pembuat logo.

Apabila kamu salah satu yang ingin menjadi pembuat logo, beberapa hal ini sebaiknya dihindari.

Beberapa Kesalahan yang Sebaiknya Dihindari dalam Membuat Logo

  1. Hindari logo yang terlalu rumit

Logo yang simple atau sederhana biasanya lebih mudah diingat oleh masyarakat daripada logo rumit yang membuat mata pusing. Bisa kamu lihat logo-logo dari brand terkenal, mereka berusaha menampilkan simbol sesederhana mungkin untuk merepresentasikan brand yang diusung. Terlebih, jika logo sederhana dan unik tersebut disemati dengan nama brand yang unik dan menancap di otak sekali lihat.

  1. Gunakan aplikasi vector, bukan raster(bitmap)

Syarat logo yang baik adalah logo tersebut dapat diaplikasikan ke berbagai media, dapat diperbesar maupun diperkecil tanpa merusak kualitasnya. Inilah mengapa sebaiknya ketika membuat logo, sebaiknya gunakan software yang menghasilkan gambar vector bukan raster. Aplikasi raster memang biasanya terlihat punya banyak tools bagus yang membuat tampilan gambar lebih menarik, tetapi sayangnya tidak cocok untuk logo.

  1. Hindari menggunakan clipart pasaran

Ada banyak clipart gratis di internet dan biasanya digunakan para pembuat logo. Akan tetapi, supaya karyamu lebih original dan lebih menarik serta beda dari yang lain, tidak ada salahnya membuat clipart sendiri. Jika tidak ingin rugi, tentu kamu harus mematok harga berbeda bagi klien yang ingin menikmati karya originalmu.

  1. Perhatikan selalu tata letak

Satu lagi yang harus diperhatikan bagi pembuat logo desain grafis, yaitu tipografi atau tata letak. Pertimbangkan huruf apa yang perlu digunakan untuk menulis nama brand, warna yang digunakan, di mana peletakan tiap elemen, dan lain-lain.

Demikian adalah hal-hal yang harus dihindari dan diperhatikan ketika kamu ingin menjadi pembuat logo desain grafis yang handal.