Inilah 5 Contoh Desain Dalam Rumah Walet Yang Menarik

Inilah 5 Contoh Desain Dalam Rumah Walet Yang Menarik

Bagaimana cara membuat desain rumah walet yang menarik di dalamnya? Sebenarnya, cara dalam pembuatannya cukuplah sulit untuk anda lakukan. Apalagi anda yang belum mengetahui tentang beberapa contoh desain dalam rumah walet yang menarik.

Pada pembahasan kali ini, dimana kami akan membagikan lima contoh desain rumah walet yang bisa dijadikan inspirasi anda dalam membuat desain rumah walet. Simak pembahasannya yang berikut ini.

1. Desain Rumah Walet dengan Bentuk yang Sama Habitat Aslinya

Dalam pembangunan desain rumah untuk burung walet, yang harus anda perhatikan adalah hasil dari bangunan tersebut, apakah besar atau minimalis. Pada hal yang sebenarnya, rumah walet yang bagus itu tidak harus memiliki ukuran besar. Rumah yang kecil juga bisa membuat burung walet menjadi betah untuk berada di dalam bangunan tersebut.

Dalam hal ini, anda harus memperhatikan tentang bentuk yang ada di dalam rumah walet tersebut serta lingkungan kondusif buat mengundang walet. Usahakan lingkungan dari bangunan tersebut jauh dari gangguan atau kebisingan sehingga waletnya akan merasa nyaman untuk bersarang.

2. Desain Rumah Walet dengan Interior yang Luas

Salah contoh desain dalam rumah walet yang bisa anda tiru adalah desain rumah walet dengan interior yang luas. Sebuah jasa desain rumah profesional bisa mengetahui tentang mana yang bagus buat interior rumah walet. Dalam hal ini, rumah walet yang luas harus mempunyai ruangan tanpa banyak penghalang, dimana ini bisa merintangi burung buat melintasi ruangan.

Ruangan yang luas bisa membuat burung walet menjadi lebih mudah untuk terbang kesana kesini. Bukan hanya itu saja, ini juga akan membuat proses perkawinan dari burung walet jantan dan betina akan menjadi lebih mudah.

3. Rumah Walet dengan Papan Sirip

Dalam pembuatan desain rumah buat burung walet, dimana anda bisa menambahkan papan sirip yang akan dijadikan sebagai tempat potensial untuk walet membuat sarangnya. Perlu anda perhatikan juga kalau jumlah sekat yang akan ditambahkan oleh anda di dalam rumah.

Anda dapat memasangnya dan memberikan jarak antara sekat maupun papan sirip yang kurang lebih 30 cm hingga 50 cm. Buatlah papan sirip yang berbahan kayu sehingga burung walet akan merasa nyaman. Selain itu, kelebihan dari bahan kayu, yakni bisa menghasilkan sarang dari burung walet yang bermutu.

4. Desain dengan Dinding Bata Merah atau Batako didalam Rumah Walet

Sebagai contoh desain dalam rumah walet yang sangat menarik dan dapat menginspirasi buat anda adalah desain dengan dinding batako atau bata merah di dalam rumah walet. Bata merah mempunyai keunggulan, yaitu kuat serta tahan lama. Berbeda dengan batako, dimana dinding dengan bahan batako bisa membuat menjadi lebih mudah menyerap panas yang akan mengakibatkan jebol. Akan tetapi, untuk harganya tentu saja batako jauh lebih murah daripada yang lainnya.

5. Dalam Rumah Walet dengan Desain Kolam

Yang paling terakhir adalah desain rumah walet dengan kolam di dalamnya. Dengan adanya kolam, rumah walet yanga da akan terasa lebih sejuk, lembab dan dingin rasanya seperti gua pada umumnya yang mempunyai genangan maupun aliran air. Memungkinkan kalau rumah walet dengan desain yang seperti ini bisa membuat para walet menjadi lebih nyaman dan beta saat berada di dalam rumah tersebut.