Ketahui Fungsi Tambang Plastik dan Jenisnya Untuk Industri

Ketahui Fungsi Tambang Plastik dan Jenisnya Untuk Industri

Tambang plastik atau biasa disebut sebagai plastic rope merupakan sejenis tali tambang dari bahan polyethylene atau serat sintetis. Serat ini dipilih dalam bentuk strand, lalu 3-4 strand dipilin cara membentuk tali tambang plastik.

Jenis Tali Tambang Plastik

Tali tambang memang sudah akrab bagi kehidupan sehari-hari dengan bentuk yang memang sering dilihat. Sebenarnya manfaat dari tali tambang sendiri sangat banyak untuk aktivitas sehari-hari, baik untuk tali jemuran, tali temali, perlombaan, kemping dan lainnya. Tambang juga biasanya dimanfaatkan untuk beberapa hal yang keberadaannya memang tak begitu penting, misalnya menderek mobil, menarik kambing, dan menggantung pakaian. Dengan kata lain, keberadaan tali tambang plastik akan sangat berguna.

Jika dibandingkan memakai tali biasa pastikan akan lebih mudah rapuh dan putus, namun dengan memakai tali tambang plastik tentu tak mudah putus ketika digunakan untuk aktivitas tali temali dengan ketahanan yang sangat kuat. Biasanya ketebalan tambang plastik atau tambang PE itu sendiri dimulai dari ketebalan 3 mm sampai 24 mm, kemampuannya dapat menerima hentakan sedang, kekuatannya ketika basah sampai 120%, karakteristik di dalam air mengapung, dan lainnya.

Tali tambang jenis PE ini memang terbuat dari bahan serat sintetis serta memiliki nama polyethylene. Tali tambang jenis ini memiliki ciri khas yang lebih elastis serta tak terlalu kaku. Sebab terbuat dari bahan sintetis, tali tambang jenis PE ini lebih ringan dibandingkan tali tambang yang lainnya. Selain itu, tali PE tersebut juga tahan bahan kimia dan sinar matahari. Tali tambang jenis ini kerap digunakan untuk packaging menali produk, jala saat mencari ikan, dan perlengkapan olahraga.

Fungsi dan Kegunaan Tali Tambang Plastik Untuk Industri

Tali tambang plastik sebenarnya sama seperti tali tambang jenis lainnya yang biasanya dipilih agar dapat dimanfaatkan untuk aktivitas tali temali, mengangkat beban dan menahan beban. Ada beberapa aktivitas industri yang biasanya memanfaatkan tali tambang plastik, berikut ini :

  1. Aktivitas Lashing di Industri Transportasi

Lashing adalah aplikasi mengingat barang untuk diangkut ke dalam alat transportasi. Biasanya lashing ini dilakukan supaya barang yang telah disusun dengan rapi tidak bergeser, bergerak bahkan tercecer selama di perjalanan, baik di perjalanan udara, darat, maupun lautan. Dengan demikian aktivitas lashing harus dapat memastikan barang tersebut tiba ke tempat tujuan secara aman. Fungsi tali tambang dalam aktivitas lashing sangat penting agar dapat menahan susunan barang tidak berantakan.

  1. Industri Perikanan Nelayan

Tali tambang plastik juga seringkali digunakan untuk membantu aktivitas nelayan ketika menangkap ikan. Biasanya untuk memaksimalkan hasil pada tangkapan ikan nelayan. Selain itu, tali tambang ini biasa dipakai untuk mendukung kegiatan seperti dijadikan jaring atau jala penangkap ikan.

  1. Jemuran Untuk Aktivitas Industri Rumah Tangga

Fungsi dan kegunaan tali tambang plastik biasanya digunakan untuk aktivitas rumahan, namun beberapa industri rumah tangga yang mempunyai aktivitas menjemur juga kerap menggunakan tali ini untuk jemuran. Biasanya jemuran dibuat memanjang serta diikat di ujung yang satu ke ujung yang lainnya untuk menahan beban berat. Tak sedikit pengguna yang lebih memilih plastic rope ekonomis ini dengan daya kekuatan tinggi untuk aktivitas jemuran.

Jika Anda sedang mencari tali tambang PE yang berkualitas, Anda bisa memilih Megajaya.co.id sebagai distributor terpercaya. Silahkan cek tambang plastik disini!