Mengenal Website Dan Sejarahnya Di Dunia Maya

Mengenal Website Dan Sejarahnya Di Dunia Maya

Perkembangan pesat internet saat ini membuat banyak orang berbondong-bondong mengaksesnya. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan adalah membuat informasi yang sedang dicari oleh seseorang menjadi lebih mudah didapatkan. Lalu, perkembangan internet pun membuat banyaknya kemunculan istilah-istilah baru. Sebut saja website, link, dan yang paling disebutkan adalah online.

Kita juga sering mengakses media sosial pada desktop maupun smartphone seperti Facebook, Google, dan Twitter. Layanan yang kita akses tersebut disebut sebagai website. Bahkan ada juga yang menyediakan jasa website . Istilah website mungkin masih belum banyak yang mengetahui artinya meskipun hampir setiap hari diakses. Nah, untuk lebih jelasnya akan dibahas apa itu website.

Jadi, website adalah sekumpulan halaman yang dapat diakses secara luas melalui halaman depan atau home page. Halaman website ini berupa suatu domain di internet yang tentunya dibuat dengan tujuan tertentu dan biasanya saling berhubungan. Webiste bisa diakses menggunakan URL atau link pada browser, baik browser smartphone maupun browser PC atau laptop.

Website dapat berupa data teks, gambar, audio hingga video yang dibuat oleh personal hingga perusahaan dengan tujuannya masing-masing. Isi dari sebuah website dapat bersifat statis dan dinamis. Website statis yaitu isi informasi dari website tersebut bersifat tetap dan pengelolanya adalah si pemilik website itu sendiri. Contohnya adalah website sebuah perusahaan. Sedangkan website dinamis adalah kebalikannya. Pengelola website bisa dari pemilik website hingga pengguna lain dari website tersebut. Contohnya adalah beberapa media sosial yang paling sering kita akses seperti Twitter dan Facebook.

Website ini pertama kali dibuat pada tahun 1980an oleh Tim Berners-Lee. Namun, website baru resmi online pada tahun 1991. Tim Berners-Lee membuat website dengan tujuan untuk memudahkan pertukaran atau perubahan informasi antar peneliti di tempat Ia bekerja. Tampilan website yang dibuat tersebut dapat kamu akses di http://info.cern.ch/ . Pada 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Untuk dapat mengakses website, tentunya kamu harus terhubung pada koneksi internet. Website terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan tujuannya. Jenis-jenis website yaitu website pribadi yang dapat kamu buat mulai dari yang gratis hingga layanan berbayar, website perusahaan yang tentunya dibuat untuk mengenalkan perusahaan dan sebagai media promosi, dan blog yang merupakan media berbagi informasi, tips, atau bahkan pengalaman penulis.

Saat ini juga sudah banyak yang dapat membuat website nya sendiri. Kecanggihan website bahkan dapat menambah pengetahuan baru. Meskipun terkesan mudah diakses, tak jarang ada orang yang memanfaatkan kemudahan tersebut untuk berbuat kejahatan di dunia maya. Oleh karena itu, tetap berhati-hati mengakses dan menggunakan website ya!